Sponsor

January 10, 2016

Dragon Ball (Jepang: ド ラ ゴ ン ボ ー ル Hepburn: Doragon Boru) adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Akira Toriyama. Awalnya serial di Weekly Shonen Jump 1984-1995, dengan 519 masing-masing bab diterbitkan dalam 42 volume tankōbon oleh Shueisha. Dragon Ball awalnya terinspirasi oleh novel Perjalanan Cina klasik ke Barat. Seri mengikuti petualangan protagonis, Goku, dari masa kecilnya sampai dewasa saat ia melatih dalam seni bela diri dan mengeksplorasi dunia dalam mencari tujuh bola yang dikenal sebagai Naga Balls, yang memanggil keinginan-pemberian naga saat berkumpul. Seiring perjalanannya, Goku membuat beberapa teman dan pertempuran berbagai penjahat, banyak dari mereka juga mencari Bola Naga.

42 tankōbon telah diadaptasi menjadi dua seri anime yang diproduksi oleh Toei Animation: Dragon Ball dan Dragon Ball Z, yang bersama-sama disiarkan di Jepang dari tahun 1986 sampai 1996. Selain itu, studio telah mengembangkan sembilan belas animasi film dan tiga spesial televisi, serta sebagai anime ketiga berjudul Dragon Ball GT. Antara 2009 dan 2015, direvisi, versi serba cepat Dragon Ball Z disiarkan dengan judul Dragon Ball Kai, di mana sebagian besar rekaman versi asli tidak ditampilkan dalam manga dihapus. Sebuah serial televisi berjudul kelima Dragon Ball super mulai pada tanggal 5 Juli 2015. Beberapa perusahaan telah mengembangkan berbagai jenis merchandising berdasarkan seri mengarah ke franchise media besar yang mencakup film, baik animasi dan live-action, permainan kartu perdagangan tertagih, banyak action figure, bersama dengan beberapa koleksi soundtrack dan sejumlah besar video game.

Seri manga ini dilisensikan untuk rilis bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Viz Media, di Inggris oleh Gollancz Manga, dan Australia dan Selandia Baru oleh Madman Entertainment. Seluruh seri anime telah dilisensi oleh Funimation Hiburan untuk rilis bahasa Inggris di Amerika Serikat, meskipun seri tidak selalu dijuluki oleh studio yang sama. Ada banyak film waralaba termasuk film pertama adaptasi live-action yang diproduksi pada tahun 1989 di Taiwan. Pada tahun 2002, 20th Century Fox memperoleh hak untuk memproduksi sebuah film live-action buatan Amerika berjudul Dragonball Evolution yang diterima negatif oleh kritikus dan fans; Film ini dirilis pada tanggal 10 April 2009 di Amerika Serikat.

Sejak dirilis, Dragon Ball telah menjadi salah satu yang paling sukses manga dan anime seri sepanjang masa. Manga 42 volume telah terjual lebih dari 156 juta kopi di Jepang dan lebih dari 230 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya terlaris manga kedua dalam sejarah. Pengulas telah memuji seni, karakterisasi, dan humor dari cerita. Hal ini secara luas dianggap sebagai salah satu seri manga terbesar yang pernah dibuat, dengan banyak seniman manga seperti Eiichiro Oda (One Piece), Masashi Kishimoto (Naruto), Tite Kubo (Bleach), Hiro Mashima (Rave Master, Fairy Tail) dan Kentaro Yabuki (Black Cat) mengutip Dragon Ball sebagai sumber inspirasi bagi karya-karya sendiri sekarang populer mereka. Anime, terutama Dragon Ball Z, juga sangat populer di berbagai negara dan bisa dibilang salah satu yang paling berpengaruh dalam meningkatkan popularitas animasi Jepang dalam budaya Barat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

sponsor

Popular Post

Followers

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 Desanime - Oreshura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -